PERANAN PERIKLANAN DAN PERSONAL SELLING TERHADAP PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN PADA PT LOVELY HOLIDAYS TOUR AND TRAVEL CABANG PEMATANGSIANTAR

Laila Putriani Saragih, Darwin Lie, Efendi efendi, Sherly sherly

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengkaji dan menganalisis 1. Gambaran periklanan, personal selling, dan volume penjualan padaPT Lovely Holidays Tour and Travell Cabang Pematangsiantar. 2. Peranan periklanan dan personal seling terhadap peningkatan volume penjualan pada PT Lovely Holidays Tour and Travel Cabang Pematangsiantar.

Adapun desain penelitian ini yang dilakukan penulis adalah melalui penelitian kepustakaan dan lapangan. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif, yang bersumber dari data primer dan data sekunder. Data tersebut diperoleh dengan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif, teknik analisis komparatif, teknik analisis induktif.

Berdasarkan hasil analisis diperoleh 1. Nilai trend periklanan Y’ = 169.868,3 + 6,08X, artinya periklanan berbanding positif dalam meningkatkan volume penjualan, dimana ketika X dinaikkan satu satuan diramalkan meningkatkan volume penjualan sebesar 6,08 kali. 2. trend personal selling Y’ = 280.776,96 + 15,12X, artinya personal selling berbanding positif dalam meningkatkan volume penjualan dimana ketika X dinaikkan satu satuan diramalkan meningkatkan volume penjualan sebesar 15,12 kali. 3. nilai trend volume penjualan Yʹ = 319.605,12+ 2.337,65 X, artinya volume penjualan mengalami kenaikan tiap semesternya sebesar 2.337,65. Berdasarkan hasil analisis dan evaluasi periklanan dan personal selling berperan dalam meningkatkan volume penjualanpada PT Lovely Holidays Tour and Travel Cabang Pematangsiantar,

Adapun saran dari penelitian ini untuk periklanan yaitu PT Lovely Holidays Tour and Travel Cabang Pematangsiantar perlu memperhatikan penetapan strategi pemilihan iklan dalam hal penganggaran dana. Untuk personal selling yaitu perlu pengadaan wiraniaga yang mampu mengkomunikasikan produk dengan baik kepada konsumen. Sedangkan untum meningkatkan volume penjualan, PT Lovely Holidays Tour and Travel Cabang Pematangsiantar perlu melakukan promosi secara teratur, merancang inovasi lain seperti pengadaan diskon dan event untuk membantu memperkenalkan produk yang ditawarkan kepada konsumen.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37403/sultanist.v5i1.81

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL MANAJEMEN DAN KEUANGAN

Diterbitkan Oleh:

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung

Pematangsiantar, Sumatera Utara, Indonesia

 

Editorial Office:

   Jln. Surabaya No.19 Pematangsiantar, 21118, Sumatera Utara

   sultanist@stiesultanagung.ac.id

 Telp/Fax. (0622) 25626 / (0821) 65264931


P-ISSN: 2338-4328

E-ISSN: 2686-2646