PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN PADA PT BANK MESTIKA DHARMA, TBK. CABANG PEMATANGSIANTAR

Juli Enggana, Darwin Lie, Efendi efendi, Julyanthry Julyanthry

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Adapun populasi penelitian ini adalah karyawan PT Bank Mesika Dharma, Tbk. Cabang Pematangsiantar sebanyak 40 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan ialah regresi linear berganda, koefisien korelasi dan determinasi, dan pengujian hipotesis dengan Uji F dan Uji t.

Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: 1. Karyawan telah menerapkan budaya organisasi dengan kuat, disiplin kerja yang dilaksanakan baik dan produktivitas kerja karyawan baik. 2. Hasil pengujian regresi linear berganda adalah = 5,819 + 0,689X1 + 0,192X2, artinya budaya organisasi dan disiplin kerja berpengaruh positif terhadap produktivitas kerja karyawan PT Bank Mesika Dharma, Tbk. Cabang Pematangsiantar. 3. Hasil analisis korelasi nilai r = 0,844 artinya terdapat hubungan yang sangat kuat dan positif antara budaya organisasi dan disiplin kerja dengan produktivitas kerja karyawan PT Bank Mestika Dharma, Tbk. Cabang Pematangsiantar. Kemudian nilai koefisien determinasi (KD) yaitu 0,713, yang artinya tinggi rendahnya produktivitas karyawan dapat dijelaskan sebesar 71,3% oleh budaya organisasi dan disiplin kerja. 4. Hipotesis H0 ditolak, artinya budaya organisasi dan disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas kerja karyawan PT Bank Mestika Dharma, Tbk. Cabang Pematangsiantar baik secara simultan maupun parsial.

Adapun saran dari penelitian ini adalah untuk variabel budaya organisasi, hendaknya lebih memperhatikan penerapan budaya organisasi agar tujuan perusahaan dapat tercapai. Selanjutnya, variabel disiplin kerja perlu memberikan arahan kepada seluruh karyawan serta memberikan sanksi kepada karyawan yang tidak disiplin. Sedangkan variabel produktivitas kerja karyawan diharapkan agar atasan mendorong karyawannya untuk melakukan upaya-upaya yang maksimal dalam melakukan pekerjaannya untuk mencapai tujuan perusahaan.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37403/sultanist.v5i1.80

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL MANAJEMEN DAN KEUANGAN

Diterbitkan Oleh:

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung

Pematangsiantar, Sumatera Utara, Indonesia

 

Editorial Office:

   Jln. Surabaya No.19 Pematangsiantar, 21118, Sumatera Utara

   sultanist@stiesultanagung.ac.id

 Telp/Fax. (0622) 25626 / (0821) 65264931


P-ISSN: 2338-4328

E-ISSN: 2686-2646