PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PRODUK WIFI.ID PT TELEKOMUNIKASI INDONESIA TBK. WITEL SUMUT

Dessy Anggraeini, Darwin Lie, Marisi Butarbutar, Fitria Halim

Abstract


Hasil penelitian: 1. Kualitas produk yang diberikan sudah baik, dan konsumen setuju dengan harga yang ditawarkan, serta konsumen sudah puas terhadap kepuasan konsumen. 2. Hasil analisis regresi adalah = 9,934+0,428X1+0,733X2, artinya kualitas produk dan harga berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen. 3. Hasil analisis korelasi diperoleh nilai r = 0,652 artinya terdapat hubungan yang kuat dan positif antara kualitas produk dan harga dengan kepuasan konsumen. Kepuasan konsumen dipengaruhi oleh kualitas produk dan harga sebesar 42,5%. 4. Hipotesis penelitian H0 ditolak dan Ha diterima, artinya kualitas produk dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen produk WiFi.ID PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. Witel Sumut baik secara simultan maupun parsial.

Adapun saran dari penelitian ini adalah perlu dilakukan peningkatan kestabilan akses produk, menambah kecepatan akses produk, dan peningkatkan spesifikasi produk WiFi.ID. Untuk mempertahankan harga yang terjangkau, sebaiknya memberikan kompensasi berupa diskon/potongan harga kepada konsumen yang membeli dengan jumlah tertentu, dan menambah besaran diskon/potongan harga. Sedangkan untuk meningkatkan kepuasan konsumen, perlu meningkatkan kepedulian terhadap keinginan konsumen, serta memberi respon yang baik dan cepat terhadap keluhan yang dirasakan konsumen mengenai produk WiFi.ID.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37403/sultanist.v5i1.79

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL MANAJEMEN DAN KEUANGAN

Diterbitkan Oleh:

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung

Pematangsiantar, Sumatera Utara, Indonesia

 

Editorial Office:

   Jln. Surabaya No.19 Pematangsiantar, 21118, Sumatera Utara

   sultanist@stiesultanagung.ac.id

 Telp/Fax. (0622) 25626 / (0821) 65264931


P-ISSN: 2338-4328

E-ISSN: 2686-2646