ONLINE PURCHASE DECISION: FROM CONTENT MARKETING THROUGH BRAND AWARENESS

Mar'atul Fahimah, Lailatul Fitria

Abstract


Pentingnya menciptakan daya tarik Content marketing dan menciptakan brand awareness dalam pemasaran jasa agar memudahkan khalayak memahami dan mengetahui layanan tersebut, sehingga dapat berujung pada keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian kelas pelatihan online pada pengikut akun Instagram kelas online. Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian layanan pelatihan online pada kelas online adalah content marketing dan brand awareness. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif asosiatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Data penelitian diperoleh dengan menyebarkan kuesioner secara online. Populasi dalam penelitian ini adalah follower akun Instagram kelas online yang pernah melakukan pembelian pada kelas bootcamp di kelas online dan sampel diambil dengan menggunakan purposive sampling. Alat uji analisis yang digunakan adalah SmartPLS v.4.0 dengan metode analisis SEM (Structural Equation Modeling). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemasaran konten berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, kinerja pemasaran konten berpengaruh positif terhadap kesadaran merek, kesadaran merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, dan pemasaran konten berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian melalui merek. kesadaran.


Full Text:

PDF

References


(APJII), A. P. J. I. I. (2023). Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII). Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII). https://apjii.or.id/berita/d/survei-apjii-pengguna-internet-di-indonesia-tembus-215-juta-orang

Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2010). Multivariate Data Analysis. In Vectors. https://doi.org/10.1016/j.ijpharm.2011.02.019

Hidayat, S., Suardana, I. M., & Dewi, N. K. (2023). THE EFFECT OF SOSIAL MEDIA INFLUENCE , CONTENT MARKETING , AND E- WOM TOWARDS ONLINE PURCHASE DECISIONS IN MATARAM CITY Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMM Mataram , Nusa Tenggara Barat , Indonesia. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 11(November), 194–203.

Huda, I. U., Karsudjono, A. J., & Darmawan, R. (2021). Pengaruh Content Marketing Dan Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Pada Usaha Kecil Menengah Di Media Sosial. Al-KALAM JURNAL KOMUNIKASI, BISNIS DAN MANAJEMEN, 8(1), 32. https://doi.org/10.31602/al-kalam.v8i1.4156

Irvanto, O., & Sujana, S. (2020). Pengaruh Desain Produk, Pengetahuan Produk, Dan Kesadaran Merek Terhadap Minat Beli Produk Eiger. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 8(2), 105–126. https://doi.org/10.37641/jimkes.v8i2.331

Kotler, P. (2021). Manajemen Pemasaran. CV. Budi Utama.

Latan, H., & Ghozali, I. (2012). Partial Least Square: Konsep, Teknik, dan Aplikasi SmartPLS 2.0 M3. In Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Lengkong, A. P., Pio, R. J., & Mangindaan, J. V. (2021). Pengaruh Brand Awareness dan Kualitas Produk terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Konsumen Pakaian H.A.R.V Official di Manado. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB, 11(2), 61–68.

Nur Aziz Sugiharto, F. A. R. (2022). PENGARUH CONTENT MARKETING DAN CONTENT REVIEW TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA SHOPEE (Survey. 12(September).

Oisina, I. V. S. (2021). Pengaruh Daya Tarik Content Marketing Dan Content Riview Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Followers Akun @msglowbeauty). MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi, IV(II), 265–276. http://www.jurnal-umbuton.ac.id/index.php/Medialog/article/view/1846

Pertiwi, D., & Gusfa, H. (2018). Pengaruh Content Marketing terhadap Pembentukan Brand Awareness pada Kalbis Institute. Jurnal Media Kom, VIII(2), 45–57.

Prayoga, I., & Mulyadi, M. R. (2020). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Fore Coffee. Jurnal Syntax Transformation, 1(5), 73–91.

Ramadayanti, F. (2019). Peran Brand Awereness terhadap Keputusan Pembelian Produk. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 6(2), 111–116. https://doi.org/10.21107/jsmb.v6i2.6690

Rizkia Azzahra Hendrawan, & Yulianti. (2022). Hubungan Content Marketing Bittersweet By Najla dengan Keputusan Pembelian Followers. Jurnal Riset Manajemen Komunikasi, 22–27. https://doi.org/10.29313/jrmk.v2i1.814

Rosyadi, A. (2021). Pengaruh Brand Ambassador terhadap Minat Beli Melalui Brand Awareness. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 18(2), 20–31.

Shadrina, N. R., & Sulistyanto, Y. (2022). Analisis Pengaruh Content Marketing, Influencer, dan Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Pada Pengguna Instagram dan Tiktok di Kota Magelang). Diponegoro Journal of Management, 11(1), 1–11. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr

Sitompul, S. S. (2021). Pengaruh Pengetahuan Label Halal Dan Kesadaran Merek Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Melalui Rekomendasi Kelompok Sebagai Variabel Moderating. Shar-E : Jurnal Kajian Ekonomi Hukum Syariah, 7(1), 50–64. https://doi.org/10.37567/shar-e.v7i1.402

Sofyan, M., Rulandari, N., & Sari, Y. (2021). Analisis Proses Keputusan Pembelian Online Pada Shopee Mall Indonesia. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 26(3), 306–315. https://doi.org/10.35760/eb.2021.v26i3.4019

Solling, H. R., & Anwar, S. M. (n.d.). Structural Equation Modeling (SEM) (Abiratno, S. Nurdiyanti, & A. D. Raksanagara (eds.); 1st ed.). PT Inkubator Penulis Indonesia Institut.

Sudigdo, A., & Taufik, T. (2020). Pengaruh Kesadaran Merek dan Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Lembaga Kursus Bahasa Sentra Lingua Depok. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 22(3), 177. https://doi.org/10.33370/jpw.v22i3.473

Vildayanti, R. A. (2019). Analisis Strategi Brand Awareness (Top Of Mind, Brand Recall, Brand Recognition, Unaware Of Brand) Sepeda Motor Piaggio Vespa Di Jakarta. Relasi : Jurnal Ekonomi, 15(1), 113–134. https://doi.org/10.31967/relasi.v15i1.304

YAZGAN PEKTAS, S., & HASSAN, A. (2020). The Effect of Digital Content Marketing on Tourists’ Purchase Intention. Journal of Tourismology, 6(1), 79–88

https://doi.org/10.26650/jot.2020.6.1.0011

Yusuf, R., Hendawati, H., & Wibowo, L. A. (2020). Pengaruh Konten Pemasaran Shoppe Terhadap Pembelian Pelanggan. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan IImu Sosial, 1(2), 506–515. https://doi.org/10.38035/JMPIS




DOI: https://doi.org/10.37403/sultanist.v12i1.567

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 SULTANIST: Jurnal Manajemen dan Keuangan

SULTANIST: Jurnal Manajemen dan Keuangan is indexed by:

  

    

   

    

 


Publisher:

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung, Surabaya Street No.19, Proklik Village, West Siantar District, Pematangsiantar, North Sumatra, Indonesia, 21118. E-mail: sultanist@stiesultanagung.ac.id

 Creative Commons License
SULTANIST: Jurnal Manajemen dan Keuangan by STIE Sultan Agung is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.