ANALISIS PENGGUNAAN ECONOMIC VALUE ADDED (EVA) SEBAGAI ALAT UKUR KINERJA KEUANGAN PADA PT. GUDANG GARAM, TBK YANG TERCATAT DI BURSA EFEK INDONESIA

Wati Silitonga, Pinondang Nainggolan, parman Tarigan, Ady Inrawan

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui Kinerja Keuangan PT. Gudang Garam, Tbk bila diukur dengan Economic Value Added (EVA). Penelitian dilakukan menggunakan data sekunder dari laporan keuangan perusahaan yang diperoleh dari website http://www.idx.co.id dan sumber-sumber lainnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Deskriptif Kualitatif dan Analisis komparatif.

Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: EVA tahun 2009-2014 menunjukkan bahwa manajemen perusahaan belum mampu menciptakan nilai EVA yang positif yang artinya perusahaan belum dapat menciptakan nilai tambah kekayaan perusahaan. Hal ini disebabkan karena biaya modal lebih tinggi dari pada NOPAT sehingga nilai EVA negatif, maka dapat dikatakan kinerja perusahaan tersebut buruk.Dalam meningkatkan EVA, sebaiknya perusahaan mengurangi penggunaan biaya modal dengan mengurangi pinjaman (hutang). Dalam pengaplikasian EVA sebaiknya pihak managemen memonitori atau mengevaluasi atas kewajaran tingkat biaya modal yang digunakan dalam sebuah operasi usaha.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37403/sultanist.v3i2.54

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL MANAJEMEN DAN KEUANGAN

Diterbitkan Oleh:

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung

Pematangsiantar, Sumatera Utara, Indonesia

 

Editorial Office:

   Jln. Surabaya No.19 Pematangsiantar, 21118, Sumatera Utara

   sultanist@stiesultanagung.ac.id

 Telp/Fax. (0622) 25626 / (0821) 65264931


P-ISSN: 2338-4328

E-ISSN: 2686-2646