PURCHASE DECISION ANALYSIS ON GO-JEK APPLICATION: THE ROLE OF CONSUMER PERCEPTION AND CONSUMER TRUST AS A PREDICTOR

Ita Musfirowati Hanika, Cut Faradilla, Christina Yanita Setyawati, Silfia Jasfalini, Fedianty Augustinah

Abstract


Abstrak

Teknologi dan perkembangannya adalah bagian dari kehidupan kita, dan sistem sosial secara progresif menyerapnya. Ketika teknologi di bidang transportasi seperti halnya Go-Jek dapat membantu orang mencapai tujuan mereka secara lebih efektif dan efisien, dapat dianggap secara positif sebagai teknologi yang ramah dan sarana yang mendukung dan mempermudah kehidupan manusi. Tujuan utama penelitian yakni menganalisis pengaruh persepsi konsumen dan kepercayaan konsumen terhadap keputusan pembelian pada aplikasi Go-Jek. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden yang ditentukan dengan pendekatan convenience sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner yang kemudian dibagikan secara online. Analisis data menggunakan aplikasi SPSS dengan menampilkan hasil pengolahan data melalui uji instrumen penelitian dengan uji validitas dan reabilitas, analisis regresi berganda, koefisien determinasi dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis data menyatakan persepsi konsumen dan kepercayaan konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada aplikasi Go-Jek. Implikasi penelitian menerangkan untuk meningkatkan persepsi konsumen dan kepercayaan konsumen tentang pelayanan aplikasi Go-Jek sebaiknya perusahaan perlu menambah variasi produk yang terdapat dalam aplikasi, sehingga perusahaan dapat memahami apa yang diharapkan pelanggannya dan menyesuaikan fitur layanannya sesuai dengan kebutuhan. 

Abstract

Technology and its developments are part of our lives, and social systems progressively absorb them. When technology in the transportation sector such as Go-Jek, can help people achieve their goals more effectively and efficiently, it can be positively perceived as a friendly technology and a means that supports and facilitates human life. The main objective of the research is to analyze the effect of consumer perceptions and trust on purchasing decisions on the Go-Jek application. The sample in this study amounted to 100 respondents, determined by the convenience sampling approach. Data collection uses a questionnaire instrument which is then distributed online. Data analysis uses the SPSS application by displaying data processing results through research instrument tests with validity and reliability tests, multiple regression analysis, coefficient of determination, and hypothesis testing. Based on the results of data analysis, it is stated that consumer perceptions and trust have a positive and significant effect on purchasing decisions on the Go-Jek application. The research implication explains that to increase consumer perceptions and confidence in Go-Jek application services, companies should add various products to the application to understand what customers expect and adjust their service features according to their needs.

Keywords: Consumer Perception, Consumer Trust, Purchase Decision, Go-Jek Application


Full Text:

PDF

References


Are, A. K. P., & Setyorini, R. (2019). Pengaruh Electronic Word Of Mount dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Niat Beli Produk di Shoppe Indonesia. Dinamika Ekonomi: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 12(2), 216–230.

Basoeky, U., Panggabean, S., Manu, G. A., Wardhana, A., Hoeronis, I., Adnan, Y., Maisarah, & Sudirman, A. (2021). Pemanfaatan Teknologi Digital: Dalam Berbagai Aspek Kehidupan Masyarakat. Media Sains Indonesia.

Belanche, D., Casalo, L. V., & Guinalíu, M. (2012). Website Usability, Consumer Satisfaction And The Intention To Use A Website: The Moderating Effect Of Perceived Risk. Journal of Retailing and Consumer Services, 19(1), 124–132. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2011.11.001

Gabisch, J. A., & Gwebu, K. L. (2011). Impact of Virtual Brand Experience on Purchase Intentions: The Role of Multichannel Congruence. Journal of Electronic Commerce Research, 12(4), 302–319.

Hair, J. F. (2014). Multivariat Data Analysis 7th Edition. Pearson Prentice Hall.

Hamidi, M., & Mujiono, M. (2018). Perception, Awareness and Consumer Insight Towards Purchase Intention Tanjak and Tenun Lejo Products. Proceedings of the First International Conference on Applied Science and Technology, 298, 17–21. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200813.005

Ishak, A. (2011). Pengaruh Kepuasan Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Loyalitas : Studi Tentang Peran Mediasi. Jurnal Siasat Bisnis, 15(1), 55–66.

Jeng, S. P. (2016). The Influences of Airline Brand Credibility on Consumer Purchase Intentions. Journal of Air Transport Management, 55, 1–8. https://doi.org/10.1016/j.jairtraman.2016.04.005

Kurniawan, A., Rukiastiandari, S., Yusuf, F., Utomo, K. P., Yuliawan, E., Risa Alvia, Alfatih S. Manggabarani, Imanuddin Hasbi, R. Y., Putra, A. R., Sudirman, A., Utami, D. A., & Anggraini, R. I. (2022). Dasar Manajemen dan Bisnis. Widina Bhakti Persada.

Lie, D., Sisca, S., Sherly, S., Abdi Putra, L., & Alex Chandra, A. (2021). Pengaruh Persepsi Konsumen Dan Keputusan Pembelian Terhadap Kepuasan Konsumen Pada PT Garuda Makmur Sentosa Pematangsiantar Darwin. Strategic: Journal of Management Sciences, 1(3). http://jurnal.stiessultanagung.ac.id/index.php/strategic

Lie, D., Sudirman, A., Efendi, E., & Butarbutar, M. (2019). Analysis of Mediation Effect Of Consumer Satisfaction On The Effect Of Service Quality, Price and Consumer Trust On Consumer Loyalty. INTERNATIONAL JOURNAL OF SCIENTIFIC & TECHNOLOGY RESEARCH, 8(8), 421–428. www.ijstr.org

Masrin, I., & Yanto, R. P. (2019). Dampak Promosi, Harga Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Oppo. Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia, Vol.10(No.2), 1–15.

Maulana, M. F., Nawangsih, & Sulistyan, R. B. (2019). Pengaruh persepsi Konsumen dan Motivasi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Karti Perdama IM3. Jurnal Riset Manajemen, 2(1), 78–88.

Nababan, T. S., Panjaitan, F., Panjaitan, R., Silaban, P., & Pantas, H. (2021). Analysis of Consumer Consideration Factors on Moderated Purchase Decisions in Online Shopping By Consumer Trust (Study on Students of Master of Management Study Program, Postgraduate at HKBP Nommensen University, Medan) Tongam. Strategic: Journal of Management Sciences, 1(2), 80–93.

Novixoxo, J. Dela, Kumi, P. F., Anning, L., & Darko, S. (2018). The Influence of Price on Customer Loyalty in the Retail Industry. Scholars Bulletin, December, 860–873. https://doi.org/10.21276/sb.2018.4.11.5

Purba, R. A., Sudarso, A., Silitonga, H. P., Sisca, S., Supitriyani, S., Yusmanizar, Nainggolan, L. E., & Sudirman, A. (2020). Aplikasi Teknologi Informasi: Teori dan Implementasi. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. (Vol. 2, Issue 1). Yayasan Kita Menulis.

Putri, D. E., Sinaga, O. S., Agustina, S. S., Silitonga, H. P., & Sudirman, A. (2020). Minat Kunjungan Ulang Pasien yang Ditinjau dari Aspek Persepsi dan Kepercayaan pada Klinik Vita Medistra Pematangsiantar. Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis 8, 8(1), 41–46.

Ramadania, Juniwati, & Meilky, L. (2020). Interaksi E-Service Quality, Kesadaran Merek, Kepercayaan Dan Kepuasan Terhadap Minat Pembelian Kembali Dalam Transportasi On-Line Gojek. Matrik: Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis Dan Kewirausahaan, 14(2), 267–282.

Rani, N. M., & Ramachandra, K. (2019). A Study on Consumer Perception Regarding Buying Fresh Produce in Organized Retail Stores in Bangalore, India: Do Demographics Matter? Theoretical Economics Letters, 09(08), 2864–2884. https://doi.org/10.4236/tel.2019.98179

Reppi, J. M., Tumbel, A., & Jorie, R. J. (2015). Analisis Pengaruh Persepsi Kualitas, Motivasi Dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Ponsel Iphone Pada Pusat Perbelanjaan Itc Manado. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 15(828–838), 1. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jbie/article/viewFile/10499/10087

Resti, Devi; Soesanto, H. (2016). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan melalui Kepuasan Pelanggan terhadap Minat Beli Ulang pada Rumah Kecantikan Sifra Di Pati. Diponegoro Journal of Management, 5(1), 1–12.

Rezeki, F., Lubis, A., Anggriani, R., Zuliestiana, D. A., Sinaga, O. S., & Sudirman, A. (2021). Decision Makers for Online Purchases of Fashion Products on Reebonz Online Shopping Sites. Universal Journal of Business and Management, 1(1), 62–71. https://doi.org/10.31586/ujbm.2021.010105

Rumondang, A., Sudirman, A., Sitorus, S., Kusuma, A. H. P., Manuhutu, M., Sudarso, A., Simarmata, J., Hasdiana, D., Tasnim, & Arif, N. F. (2020). Pemasaran Digital dan Perilaku Konsumen (Cetakan 1). Yayasan Kita Menulis.

Saputra, D., Waluyo, H., & Listyorini, S. (2014). Effect Of Product Quality, Promotion, And Brand Image On Purchase Decision Of Nike Sports Shoes (Case Study On S1 Fisip Undip Students). Diponegoro Journal Of Social And Politic, 3(4), 209–220.

Sata, M. (2013). Factors affecting consumer buying behavior of mobile phone devices. Mediterranean Journal of Social Sciences, 4(12), 103–112. https://doi.org/10.5901/mjss.2013.v4n12p103

Setiadi, N. J. (2013). Perilaku Konsumen (Kelima). Kencana Prenada Media Grup.

Sidharta, I., & Suzanto, B. (2015). Pengaruh Kepuasan Transaksi Online Shopping Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Sikap Serta Perilaku Konsumen Pada E-Commerce. Jurnal Computech & Bisnis, 9(1), 23–36. http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/download/1753/1763

Sinaga, O. S., Putri, D. E., Banjarnahor, A. R., Halim, F., Sudirman, A., Ilmu, T., Sultan, E., & Utara, S. (2020). Mampukah Citra Merek, Fasilitas dan Kepercayaan Meningkatkan Kepuasan Pengunjung Taman Hewan Kota Pematangsiantar. Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis, 8(1), 151–157.

Sudirman, A., Efendi, E., & Harini, S. (2020). Kontribusi harga dan kepercayaan konsumen untuk membentuk kepuasan pengguna transportasi berbasis aplikasi. Journal of Business and Banking, 9(2), 323–335. https://doi.org/10.14414/jbb.v9i2.2078

Sudirman, A., Halim, F., & Pinem, R. J. (2020). Kepercayaan Sebagai Pemediasi Dampak Citra Merek dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Gojek. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 3(3), 66–76.

Sudirman, A., Ratih, S. D., Soegoto, A. S., Ratnasari, K., Sari, P. N., & Nugroho, H. (2022). Manajemen Pemasaran Kontemporer. Widina Bhakti Persada.

Sudirman, A., Rosmayati, S., Anne, H., Arifudin, O., Rijal, K., Alaydrus, S., Rusmana, F., Syamsuriansyah, Hanika, I. M., & Nugroho, L. (2020). Prilaku konsumen dan perkembangannya di era digital. Widina Bhakti Persada.

Sudirman, A., Sherly, Butarbutar, M., Nababan, S. T., & Puspitasari, D. (2020). Loyalitas Pelanggan Pengguna Gojek Ditinjau Dari Aspek Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Konsumen. Procuration: Jurnal Ilmiah Manajemen, 8(1), 63–73.

Sudirman, A., Sholihah, D. R., Putra, D. S., Trenggana, A. F. M., Widodo, S. A., HAsbi, I., & Martini, E. (2021). Pemasaran Kontemporer (Sebuah Tinjauan Teori Dan Praktis). Widina Bhakti Persada.

Sudirman, A., Wardhana, A., & Hartini, H. (2022). Manajemen Pemasaran (Era Revolusi Industri 4.0). Media Sains Indonesia.

Sundulusi, C., Sudirman, A., Ratnawati, Syamsuri, Burhanudin, J., Dewi Andriani & Sherry Adelia, Angga Ranggana Putra, S., Muhammad Nazif, Rahmadani Hidayat, H. N., & Nurcholifah, I. (2022). Pemasaran Kewirausahaan. Widina Bhakti Persada.

Tazkani, & Halimatussakdiah. (2019). Service Quality, Customer Satisfaction, and Loyalty toward GoJek Service. 2nd Aceh Global Conference on Business Economic and Sustainable Development Trends (AGC-BEST), 3(1), 50–61. https://doi.org/10.25079/ukhjss.v3n1y2019.pp50-61

Tiris Sudrartono, Soegoto, A. S., Lumanauw, N., Malihah, L., Sicilya Cahyawati Mokoginta, S., Sudirman, A., Agustini, I. G. A. A., Putra, A. R., & Triwardhani, D. (2022). Manajemen Pemasaran Jasa. Widina Bhakti Persada.

Unindha, M. (2017). The Effect of Service Quality on Trust and Loyalty for Giant Customers in Malang. Arabian Journal of Business and Management Review, 7(5), 1–5.

Verina, E., Yulianto, E., & Latief, W. A. (2014). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Pada Toko Fashion Di Jejaring Sosial Facebook (Survei Pada Konsumen Toko Fashion Di Jejaring Sosial Facebook Yang Berlokasi Di Indonesia). Jurnal Administrasi Bisnis, 10(1), 1–10.

Widati, E. (2022). Peran Marketing Dalam Sustainability. In A. Sudirman (Ed.), Business Sustainability: Concept, Strategies and Implementation (p. 206). Media Sains Indonesia.

Xia, L., & Monroe, K. B. (2009). The influence of pre-purchase goals on consumers’ perceptions of price promotions. International Journal of Retail and Distribution Management, 37(8), 680–694. https://doi.org/10.1108/09590550910966187

Yang, J., Sarathy, R., & Walsh, S. M. (2016). Do review valence and review volume impact consumers’ purchase decisions as assumed? Nankai Business Review International, 7(2), 231–257. https://doi.org/10.1108/NBRI-11-2015-0028

Zhao, W., & Othman, M. N. (2011). Predicting and explaining complaint intention and behaviour of Malaysian consumers: An application of the planned behaviour theory. In Advances in International Marketing (Vol. 21). Emerald. https://doi.org/10.1108/S1474-7979(2011)0000021013




DOI: https://doi.org/10.37403/sultanist.v10i2.448

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 SULTANIST: Jurnal Manajemen dan Keuangan

SULTANIST: Jurnal Manajemen dan Keuangan is indexed by:

  

  

   

  

 

    


Publisher:

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung
Jl. Surabaya No. 19, Kelurahan Proklamasi, Kecamatan Siantar Barat Pematangsiantar 21118, Sumatera Utara, Indonesia
E-mail: sultanist@stiesultanagung.ac.id

                                                                             OAlogo

                                                                               Creative Commons License

SULTANIST: Jurnal Manajemen dan Keuangan by STIE Sultan Agung is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.