PENGARUH PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA CV. HARMONI LESTARI PEMATANGSIANTAR

Dede Syahputro, Darwin Lie, Marisi Butarbutar, Ady Inrawan

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji dan menganalisis: 1) Gambaran persepsi konsumen dan keputusan pembelian pada CV. Harmoni Lestari Pematangsiantar. 2) Pengaruh persepsi konsumen terhadap keputusan pembelian pada CV. Harmoni Lestari Pematangsiantar.

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh konsumen perumahan Penyabungan Permai yang dibangun oleh CV. Harmoni Lestari Pematangsiantar berjumlah 25 orang. Variabel bebas pada penelitian ini adalah persepsi konsumen dan variabel terikatnya adalah keputusan pembelian. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik kuesioner, teknik wawancara dan teknik dokumentasi. Teknik analisa yang digunakan adalah regresi linier sederhana, koefisien korelasi, koefisien determinasi dan pengujian hipotesis dengan uji t.

Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Konsumen setuju dengan persepsi pembeliannya dan keputusan pembeliannya. 2) Hasil analisa regresi adalah Ŷ = 28,030 + 0,888X, berarti persepsi konsumen berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. 3) Hasil nilai r = 0,733 yang artinya terdapat hubungan yang kuat dan positif antara persepsi konsumen terhadap keputusan pembelian pada CV. Harmoni Lestari Pematangsiantar. Tinggi rendahnya keputusan pembelian dapat dijelaskan sebesar 53,7% oleh persepsi konsumen. 4) Hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya persepsi konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada CV. Harmoni Lestari Pematangsiantar.

Adapun saran dari hasil penelitian ini bahwa untuk meningkatkan persepsi konsumen, diperlukan perbaikan pada dimensi distorsi selektif indikator pengalaman masa lalu, perusahaan harus memperbaiki dan meningkatkan kualitas dari rumah yang dibangun, menurunkan harga dan meningkatkan kualitas pelayanan. Untuk meningkatkan keputusan pembelian perlu memperhatikan dimensi pencarian informasi indikator iklan dengan menambah tingkat penyebaran dan daya tarik brosur rumah yang digunakan.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37403/sultanist.v3i1.39

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL MANAJEMEN DAN KEUANGAN

SULTANIST: Jurnal Manajemen dan Keuangan is indexed by:

  

  

   

     

    


Publisher:

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung
Jl. Surabaya No. 19, Kelurahan Proklamasi, Kecamatan Siantar Barat Pematangsiantar 21118, Sumatera Utara, Indonesia
E-mail: sultanist@stiesultanagung.ac.id

                                                                             OAlogo

                                                                               Creative Commons License

SULTANIST: Jurnal Manajemen dan Keuangan by STIE Sultan Agung is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.