PENGARUH FASILITAS TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN DENGAN WORD OF MOUTH SEBAGAI PEMEDIASI PADA PUBLIK KOPI PEMATANGSIANTAR

Andy Wijaya, Hengki Mangiring Parulian Simarmata, Erbin Chandra, Muhammad Imam Fahri, Sisca Sisca

Abstract


Dewasa ini, bisnis kuliner sudah sangat menjamur di mana-mana. Di Kota Pematangsiantar sendiri terdapat ratusan tempat kuliner dengan berbagai variasi jenis makanan yang dapat dipilih oleh konsumen, seperti rumah makan, cafe, dan coffe shop. Bisnis coffe shop dinilai tidak hanya menawarkan makanan dan minuman saja, tetapi juga menawarkan fasilitas yang dapat memberikan kenyamanan bagi pengunjungnya dengan harapan pengunjung akan merekomendasikan tempat ini kepada teman ataupun kerabat mereka sehingga akan meningkatkan pengunjung coffe shop. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh fasilitas terhadap minat beli konsumen dengan word of mouth sebagai pemediasi pada Publik Kopi Pematangsiantar. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Uji instrumen penelitian yang digunakan adalah uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik anallisis data terdiri dari uji normalitas, analisis deskriptif kualitatif, dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara fasilitas terhadap minat beli konsumen dengan word of mouth sebagai pemediasi pada Publik Kopi Pematangsiantar. Saran dari hasil penelitian ini adalah pihak coffe shop sebaiknya menerapkan diskon dan promo dengan konsep yang berbeda setiap minggunya, menggunakan mesin grinder yang dapat mengurangi biaya dalam pembelian bahan kopi dan menghasilkan kualitas kopi yang jauh lebih baik, serta memanfaatkan media sosial sebagai wadah promosi yang lebih efektif dalam menjangkau pengunjung yang lebih luas.

 

 

Today, the culinary business has mushroomed everywhere. In Pematangsiantar City itself, there are hundreds of culinary places with various types of food that consumers can choose from, such as restaurants, cafes, and coffee shops. The coffee shop business is considered not only to offer food and drinks, but also to offer facilities that can provide comfort for visitors in the hope that visitors will recommend this place to their friends or relatives so that it will increase coffee shop visitors. This study aims to analyze the influence of facilities on consumer buying intention with word of mouth as a mediator in Publik Kopi Pematangsiantar. Data is collected by using questionnaires, interviews, and documentation. The research instrument test used is validity test and reliability test. Data analysis techniques consist of normality test, qualitative descriptive analysis, and quantitative descriptive analysis. The results of the study can be concluded that there is positive and significant influence between facilities on consumer buying interest with word of mouth as a mediator in Publik Kopi Pematangsiantar. Suggestions from the results of this study are the coffee shop should use a grinder machine that can reduce costs in purchasing coffee ingredients and produce much better quality coffee, apply discounts and promos with a different concept every week, and use social media as a better promotional platform. effective in reaching a wider audience.


Full Text:

PDF

References


Halim, F., Kurniullah, A. Z., Butarbutar, M., Efendi, Sudarso, A., Purba, B., Lie, D., Sisca, Simarmata, H. M. P., Permadi, L. A., & Novela, V. (2021). Manajemen Pemasaran Jasa. In R. Watrianthos (Ed.), Yayasan Kita Menulis (Vol. 1, Issue 1). Yayasan Kita Menulis. https://www.google.co.id/books/edition/Manajemen_Pemasaran_Jasa/m2gYEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=bauran+pemasaran+jasa&printsec=frontcover

Hasan, A. (2013). Marketing dan Kasus-kasus Pilihan (Cetakan 1). CASP.

Jowianto, M., & Zuhdi, S. (2019). Pengaruh Facility Support, Service Performance, dan Customer Satisfaction Terhadap Word of Mouth. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 7(3), 313–318. https://doi.org/10.37641/jimkes.v7i3.283

Khan, S. A., Ramzan, N., Shoaib, M., & Mohyuddin, A. (2015). Impact of Word of Mouth on Consumer Purchase Intention. Sci.Int.(Lahore), 27(1), 479–482. https://doi.org/10.4018/978-1-4666-9449-1.ch012

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Manajemen Pemasaran.

Lupiyoadi, R. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa (3rd ed.). Salemba Empat.

Nursetya, R. P., & Hidayati, L. N. (2021). The Effect of Incentivized Electronic Word-Of-Mouth (EWOM) on Consumer Purchase Intention. Journal of Management and Entrepreneurship Research, 02(1), 10–18. https://doi.org/https://doi.org/10.34001/jmer.2021.6.02.1-14

Poerwanto, & Sukirno, Z. L. (2014). Komunikasi Bisnis. PUSTAKA PELAJAR.

Powa, G. A., Lapian, S. L. H. V. J., & Wenas, R. S. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Word Of Mouth terhadap Minat Beli Konsumen Handphone pada Mahasiswa FEB UNSRAT. Jurnal EMBA, 6(3), 1188–1197.

Priansa, D. J. (2017). Perilaku Konsumen dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Alfabeta.

Setiawan, E. B. (2018). The Role of Word of Mouth in Increasing Purchase Intention of Low Cost Green Car. Advances in Transportation and Logistics Research, 2(8), 88–96.

Setyaningsih, E. D. (2017). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Word Of Mouth Melalui Minat Terhadap Keputusan Nasabah Dalam Menggunakan E-Bangking Pada Bank BNI. Jurnal Ekonomi Bisnis, 22(1), 14–25.

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2011). Service, Quality & Satisfaction (3rd ed.). CV.ANDI OFFSET.

William, & Purba, T. (2020). Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Bengkel Mazda di Kota Batam. Jurnal EMBA, 8(1), 1987–1996.




DOI: https://doi.org/10.37403/sultanist.v9i2.356

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 SULTANIST: Jurnal Manajemen dan Keuangan

SULTANIST: Jurnal Manajemen dan Keuangan is indexed by:

  

  

   

     

    


Publisher:

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung
Jl. Surabaya No. 19, Kelurahan Proklamasi, Kecamatan Siantar Barat Pematangsiantar 21118, Sumatera Utara, Indonesia
E-mail: sultanist@stiesultanagung.ac.id

                                                                             OAlogo

                                                                               Creative Commons License

SULTANIST: Jurnal Manajemen dan Keuangan by STIE Sultan Agung is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.