PENGARUH PERPUTARAN PIUTANG TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN SUB SEKTOR TEKSTIL DAN GARMEN YANG LISTING DI BURSA EFEK INDONESIA

Olimvia Agus Santi Purba, Yansen Siahaan, Rosanna Purba, Elly Susanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh perputaran piutang terhadap nilai perusahaan yang diproksikan dengan market to book ratio pada Perusahaan Sub Sektor Tekstil dan Garmen yang listing di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Sampel yang digunakan adalah Perusahaan Sub Sektor Tekstil dan Garmen yang listing di Bursa Efek Indonesia tahun 2009 - 2013 yang telah memenuhi kriteria penarikan sampel berdasarkan purposive sampling yaitu sebanyak 15 perusahaan.

Hasi regresi menunjukkan bahwa Perputaran Piutang berpengaruh negatif dan signifikan terhadap market to book ratio, dari persamaan regresi Ln MBR = 1,510 – 0,606 Ln PP + ε. Hipotesis penelitian Ho ditolak dan menerima hipotesis Ha yaitu thitung -2,070 > ttabel -2,00247 dengan tingkat signifikasi 0,043 lebih kecil dari 5% atau 0,05. Artinya perputaran piutang berpengaruh negatif dan signifikan terhadap market to book ratio pada Perusahaan Sub Sektor Tekstil dan Garmen yang listing di Bursa Efek Indonesia.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37403/sultanist.v2i2.34

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL MANAJEMEN DAN KEUANGAN

SULTANIST: Jurnal Manajemen dan Keuangan is indexed by:

  

  

   

     

    


Publisher:

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung
Jl. Surabaya No. 19, Kelurahan Proklamasi, Kecamatan Siantar Barat Pematangsiantar 21118, Sumatera Utara, Indonesia
E-mail: sultanist@stiesultanagung.ac.id

                                                                             OAlogo

                                                                               Creative Commons License

SULTANIST: Jurnal Manajemen dan Keuangan by STIE Sultan Agung is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.