PENGARUH KUALITAS PELAYANAN JASA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA KANTOR NOTARIS DAN PPAT RACHMANSYAH PURBA SH, M.KN DI KOTA PEMATANGSIANTAR

Debi Eka Putri, Darwin Lie, Efendi efendi, Ady Inrawan

Abstract


Judul penelitian ini adalah Pengaruh Kualitas Pelayanan Jasa Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Kantor Notaris dan PPAT Rachmansyah Purba SH, M.Kn di Kota Pematangsiantar. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode analisa deskriptif kualitatif dan analisa deskriptif kuantitatif. Adapun populasi yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah sebanyak 40 responden yaitu rekanan, dalam hal ini pegawai Bank bagian unit pembiayaan dan developer perumahan pada bulan Juli-Agustus 2014. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, dokumentasi, kuesioner dan observasi. Tehnik analisa yang digunakan ialah regresi linier sederhana, koefisien korelasi, determinasi dan uji t.

Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Pelanggan menyatakan kualitas pelayanan jasa baik dan kepuasan pelanggan dikategorikan puas. 2) Hasil pengujian regresi adalah = 24,474 + 0,519X berarti kualitas pelayanan jasa berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan. 3) Hasil r = 0,609 artinya terdapat hubungan yang kuat dan positif antara kualitas pelayanan jasa dan kepuasan pelanggan pada Kantor Notaris dan PPAT Rachmansyah Purba, SH, M.Kn di Kota Pematangsiantar. Tinggi rendahnya kepuasan pelanggan dapat dijelaskan oleh kualitas pelayanan jasa sebesar 37,1%. 4) Hipotesis penelitian H0 ditolak dan Ha diterima, artinya kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada Kantor Notaris dan PPAT Rachmansyah Purba SH, M.Kn di Kota Pematangsiantar.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37403/sultanist.v2i2.31

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL MANAJEMEN DAN KEUANGAN

SULTANIST: Jurnal Manajemen dan Keuangan is indexed by:

  

  

   

     

    


Publisher:

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung
Jl. Surabaya No. 19, Kelurahan Proklamasi, Kecamatan Siantar Barat Pematangsiantar 21118, Sumatera Utara, Indonesia
E-mail: sultanist@stiesultanagung.ac.id

                                                                             OAlogo

                                                                               Creative Commons License

SULTANIST: Jurnal Manajemen dan Keuangan by STIE Sultan Agung is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.