PENGARUH DEBT TO EQUITY RATIO (DER) TERHADAP MARKET TO BOOK RATIO (MBR) PADA PERUSAHAAN SUB SEKTOR PERDAGANGAN BESAR BARANG PRODUKSI YANG TERCATAT DI BURSA EFEK INDONESIA

Astuti Astuti, Pinondang Nainggolan, Rosanna Purba, Jubi Jubi

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran Debt to Equity Ratio (DER) dan Market to Book Ratio (MBR) serta untuk mengetahui dan menganalisis signifikansi pengaruh Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Market to Book Ratio (MBR) pada Perusahaan Sub Sektor Perdagangan Besar Barang Produksi yang tercatat di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Objek penelitian adalah Perusahaan Sub Sektor Perdagangan Besar Barang Produksi yang tercatat di Bursa Efek Indonesia tahun 2009 sampai dengan tahun 2013 yang telah memenuhi kriteria yaitu sebanyak 24 perusahaan. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier sederhana, koefisien korelasi, determinasi dan uji t. Analisis data dilakukan dengan menggunakan bantuan software statistic SPSS 21.

Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Rata-rata Debt to Equity Ratio (DER) adalah sebesar 1,82. 2) Rata-rata Market to Book Ratio (MBR) adalah sebesar 1,789. 3) Ada pengaruh positif antara Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Market to Book Ratio (MBR). 4) Hipotesis penelitian H0 diterima artinya Debt to Equity Ratio (DER) berpengaruh tidak signifikan terhadap Market to Book Ratio (MBR). 5) Terdapat hubungan yang sangat lemah antara Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Market to Book Ratio (MBR) sebesar 0,181. 6) Terdapat pengaruh yang tidak signifikan antara Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Market to Book Ratio (MBR) pada Perusahaan Sub Sektor Perdagangan Besar Barang Produksi yang tercatat di Bursa Efek Indonesia yaitu sebesar 3,3 persen.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37403/sultanist.v2i2.30

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL MANAJEMEN DAN KEUANGAN

SULTANIST: Jurnal Manajemen dan Keuangan is indexed by:

  

    

   

    

 


Publisher:

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung, Surabaya Street No.19, Proklik Village, West Siantar District, Pematangsiantar, North Sumatra, Indonesia, 21118. E-mail: sultanist@stiesultanagung.ac.id

 Creative Commons License
SULTANIST: Jurnal Manajemen dan Keuangan by STIE Sultan Agung is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.