SISTEM LAYANAN DOOR TO DOOR PRODUK TABUNGAN SAAT PANDEMI COVID-19 PADA LEMBAGA PERKREDITAN DESA (LPD) DESA PAKRAMAN UBUD
Abstract
Salah satu strategi pemasaran yang dilakukan untuk memberikan kepuasan dan meningkatkan nasabah adalah melalui sistem jemput bola atau melalui pemasaran langsung dengan sistematikanya adalah mendatangi ke rumah masing-masing. Salah satu lembaga keuangan yang menggunakan pendekatan pemasaran dengan sistem layanan jemput bola kepada nasabah yaitu LPD Desa Pakraman Ubud. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik nasabah sistem layanan jemput bola, mengetahui proses pelaksanaan sistem layanan jemput bola pada LPD Desa Pakraman Ubud saat pandemi Covid-19, dan untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dari sistem layanan jemput bola pada LPD Desa Pakraman Ubud. Sampel dari penelitian ini sebanyak 50 responden yaitu 7 orang karyawan LPD dengan teknik purposive sampling dan 43 orang nasabah dengan teknik accidental sampling. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data adalah wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar nasabah masih berusia produktif dengan pekerjaan pedagang. Saat pandemi Covid -19, adanya perbedaan proses pelaksanaan sistem layanan jemput bola dari sebelumnya pada LPD Desa Pakraman Ubud seperti jam kerja yang berkurang, jumlah nasabah yang aktif menabung berkurang, dan jumlah setoran tabungan juga berkurang setiap bulannya pada tahun 2020. Penelitian ini mengharapkan pihak LPD Desa Pakraman Ubud konsisten dalam menerapkan prosedur yang telah ditetapkan untuk meminimalisir kesalahan-kesalahan yang tidak diinginkan sehingga kesalahan dalam proses pelaksanaan sistem layanan jemput bola.
Full Text:
PDFReferences
Aziz, A. (2018). PELAKSANAAN PRODUK TABUNGAN DENGAN SISTEM JEMPUT BOLA PADA BMT AL FATAYA CABANG GUGUAK LIMA PULUH KOTA. SKRIPSI.
Bash, E. (2015). THE STATE OF THE ART MARKETING. PhD Proposal, 1(October), 2016. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Darmawangsa, I. G. N. R., Mertha, I. K., & Sarjana, I. M. (2017). Tanggungjawab Pengurus Lpd Dalam Pengelolaan Keuangan Desa Pakraman. Acta Comitas, 2(2), 183–188. https://media.neliti.com/media/publications/241406-tanggungjawab-pengurus-lpd-dalam-pengelo-6f50d685.pdf
Fadhilla, M. A. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Nasabah Menabung Di Bank Syariah Kota Makassar. 136.
Lathif Ubaidillah, H., & Asandimitra Haryono, N. (2018). Pengaruh Demografi, Dan Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Menabung Masyarakat Di Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 7(1), 242–249.
Latifah, E., & Putri, D. A. (2020). Strategi Sharia’ Marketing Pick Up Service Koperasi Syariah TKI Artha Mulya Lamongan. Pamator Journal, 13(1), 154–158. https://doi.org/10.21107/pamator.v13i1.7161
Latifah, L. (2019). Analisis faktor-faktor yang memengaruhi minat nasabah pada produk tabungan berjangka di BMT usaha gabungan terpadu (UGT) Sidogiri Capem Galis Bangkalan. 116. http://digilib.uinsby.ac.id/31055/
Nasution, D. A. D., Erlina, E., & Muda, I. (2020). Dampak Pandemi COVID-19 terhadap Perekonomian Indonesia. Jurnal Benefita, 5(2), 212. https://doi.org/10.22216/jbe.v5i2.5313
Ningsih, M. R., & Mahfudz, M. S. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Manajemen Industri Perbankan Syariah: Analisis Komparatif. Point, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.46918/point.v2i1.576
Rejeki, P. (2010). Evaluasi Sistem Pelayanan Tabungan Jemput Bola Pada Kantor Kas Pt . Bpr Cita Dewi. 53.
Rijali, A. (2019). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374
Supriatna, E. (2020). Wabah Corona Virus Disease (Covid 19)
Dalam Pandangan Islam. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(6). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i6.15247
Tjiptoherijanto, P. (2001). Proyeksi Penduduk, Angkatan Kerja, Tenaga Kerja, dan Peran Serikat Pekerja dalam Peningkatan Kesejahteraan Prijono. Majalah Perencanaan Pembangunan, 23, 1–10.
Wulandari, P. P. A. (2009). Ø°PENGARUH TABUNGAN DAN DEPOSITO TERHADAP POSISI KREDIT PADA LPD DESA ADAT MAS KECAMATAN UBUD, KABUPATEN GIANYAR. In SKRIPSI.
Yuriawati, N. A. (2014). Ning Aneu Yuriawati , 2014 OPTIMALISASI PERAN STRATEGIS PELAYANAN DI WILAYAH KECAMATAN DALAM MENDUKUNG PEMERINTAHAN YANG BAIK Universitas Pendidikan Indonesia | repository.upi.edu. 58–83.
DOI: https://doi.org/10.37403/sultanist.v9i1.233
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 SULTANIST: Jurnal Manajemen dan Keuangan
SULTANIST: Jurnal Manajemen dan Keuangan is indexed by:
Publisher:
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung, Surabaya Street No.19, Proklik Village, West Siantar District, Pematangsiantar, North Sumatra, Indonesia, 21118. E-mail: sultanist@stiesultanagung.ac.id