ANALISIS KETERSEDIAAN DAN KELAYAKAN SARANA PRASARANA PERKULIAHAN DI PERGURUAN TINGGI

Ibnu Hasan Karbila, Usman Usman

Abstract


Kualitas pendidikan perguruan tinggi tidak lepas dari tersedianya sarana dan prasarana yang menjadi standar dari perguruan tinggi, IAIN Palangka Raya hampir setiap tahun melakukan pengadaan sarana prasarana, namun kegiatan ini belum didasari dengan analisis kebutuhan dan evaluasi terhadap sarana dan prasarana. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ketersediaan dan kelayakan sarana dan prasarana dari aspek persepsi civitas akademika di IAIN Palangka Raya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah civitas akademika IAIN Palangka Raya. Sampel diambil secara acak yang teridiri dari tenaga pendidik, tenaga kependidikan, mahasiswa dan alumni. Pengumpulan data dilakukan dengan metode angket, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menujukkan ketersediaan sarana prasarana perkuliahan di IAIN Palangka Raya telah memenuhi standar dari permenristikdikti nomor 44 tahun 2015 tentang standar sarana prasarana pendidikan pasal 32-36. Namun IAIN Palangka Raya belum memenuhi ketentuan standar yang diatur dalam pasal 37 tentang standar sarana prasarana yang dapat diakses oleh disabilitas. Kelayakan sarana prasarana menurut civitas akademika IAIN Palangka Raya terkatogori layak dan sangat layak sebesar 79,56%. Hasil ini menujukkan kondisi sarana dan prasarana di IAIN Palangka Raya layak digunakan sesuai dengan standar kegiatan pembelajaran di perguruan tinggi. 


Full Text:

PDF

References


Abbas, Syahrizal, 2008, Manajemen Perguruan Tinggi, Jakarta: Kencana Prenada Media

Bafadal, I. 2003, Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan. Dalam Imron,A A., Maisyaroh, dan Burhanuddin (eds.), Manajemen Pendidikan: Analisis Suabtantif dan Aplikasinya dalam latar institusi pendidikan ( hlm. 85-89). Malang : Penerbit Universitas Negeri Malang.

Barnawi, dan Arifin, M.2012, Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruz Media.

Darajat, Zakiyah, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara,2011.

Depdiknas, 2008. Administrasi dan pengelolaan Sekolah. Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan, Direktorat Jenderal PMPTK, Depdiknas.

_________, 2009, Manajemen Pembelajaran Kelas. Jakarta: BP. Dharma Bhakti

Gaspersz, V. 2005. Total Quality Management. Jakarta: Gramei Pustaka Utama.

Gunawan, Imam dan Djum Djum Noor Benty, 2017, Manajemen Pendidikan, Alfabeta: Bandung.

Hasbullah. 2009. Dasar – Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Raja grafindo Persada.

Indrajit, Eko & Djokopranoto, 2006, Manajemen Perguruan Tinggi Modern, Yogyakarta: Andi Ofset

Mustari, M.2014. Manajemen Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo

Matin, 2013, Dasar-dasar perencanaan pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Matin dan Nurhattati Fuad, 2016, Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan Konsep dan Aplikasi, Jakarta: Raja Grafindo Persada

Paraturan Menteri Agama Nomor 8 Tahun 2015 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

Peraturan Menteri Agama Nomor 62 Tahun 2017 Tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Agama Nomor 8 Tahun 2015 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Institut Agama Islam Negeri Palangkaraya

Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 102/PMK.02/2018 tentang klasifikasi anggaran

Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 181/PMK.06/2016 tentang Penatausahaan Barang Milik Negara

Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2015 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi

Perpres No. 16 tahun 2018 tentang Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah

Pahlevi, R., Imron, A., & Kusumaningrum, D. E. (2016). Manajemen saranan dan prasarana untuk meningkatkan mutu penbelajaran. Manajemen Pendidikan, 25(1), 88-94.

Megasari, R. (2020). Peningkatan pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan untuk meningkatan kualitas pembelajaran di SMPN 5 Bukittinggi. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 2(1), 636-648.

Sunandar, A.2013. Efektivitas Keberadaan Komite Sekolah Untuk Peningkatan Mutu Layanan Sekolah. Universitas Negeri Malang.

Setyaningih, S. (2019). Pengelolaan Sarana Prasarana dalam Implementasi Kurikulum Pendidikan Guru Sekolah Dasar: Sebuah Studi Kasus di Universitas Negeri Semarang. Manajemen Pendidikan, 13(2), 62-71.




DOI: https://doi.org/10.37403/sultanist.v9i1.225

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 SULTANIST: Jurnal Manajemen dan Keuangan

SULTANIST: Jurnal Manajemen dan Keuangan is indexed by:

  

  

   

     

    


Publisher:

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung
Jl. Surabaya No. 19, Kelurahan Proklamasi, Kecamatan Siantar Barat Pematangsiantar 21118, Sumatera Utara, Indonesia
E-mail: sultanist@stiesultanagung.ac.id

                                                                             OAlogo

                                                                               Creative Commons License

SULTANIST: Jurnal Manajemen dan Keuangan by STIE Sultan Agung is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.