PENGARUH INOVASI PRODUK DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI PIZZA HUT BOGOR

Dian Widyantini, Ellya Soekanda

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh inovasi produk (X1) dan citra merek (X2) secara simultan dan parsial terhadap keputusan pembelian (Y) di Pizza Hut Bogor. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 konsumen yang melakukan pembelian produk Pizza Hut. Metode pengambilan sampel menggunakan non probability sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda, dengan melalui tahapan uji instrumen dan uji asumsi klasik. Pengujian menggunakan program SPSS versi 24 for windows. Hasil penelitian dengan uji F menunjukkan bahwa secara simultan inovasi produk dan citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di Pizza Hut Bogor. Hasil uji t menunjukkan bahwa secara parsial hanya variabel citra merek yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian sedangkan variabel inovasi produk tidak berpengaruh. Dengan koefisien determinasi R Square (R2) sebesar 0,099 yang berarti variabel keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh kedua variabel bebas sebesar 9,9% sedangkan sisanya 90,1% dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Kata kunci: Inovasi Produk; Citra Merek; Keputusan Pembelian.


Full Text:

PDF

References


Almira, A., & Sutanto, J. (2018). Pengaruh Inovasi Produk Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Maison Nob. PERFORMA: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 3(2), 250–259.

Ardiantika, D. B. C., & Rachmi, A. (2017). Pengaruh Inovasi Produk dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Pada Olivia Cake And Bakery Mojokerto. Jurnal Aplikasi Bisnis, 3(1), 6. http://jab.polinema.ac.id/index.php/jab/article/view/54/pdf

Assauri, S. (2004). Manajemen Pemasaran. Rajawali Pers.

Fadhila, S., Lie, D., Wijaya, A., & Halim, F. (2020). Pengaruh Sikap Konsumen dan Persepsi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Pada Mini Market Mawar Balimbingan. SULTANIST: Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 8(1), 53–60.

Fontana, A. (2011). Innovate We Can! Manajemen Inovasi dan Penciptaan Nilai. Cipta Inovasi Sejahtera.

Kotler, P. (2002). Manajemen Pemasaran. Erlangga.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip-P rinsip Pemasaran (12th ed.). Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran (13th ed.). Erlangga.

Kurniawan, I., Wahab, Z., & Nailis, W. (2016). Pengaruh Brand Image dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pizza Hut Di Kota Palembang. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Terapan, 13(1), 27–40.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta.

Suryani, & Hendryadi. (2018). Metode Riset Kuantitatif (3rd ed.). Prenadamedia Group.

Tjiptono, F. (2005). Strategi Pemasaran (Revisi). Andi Offset.




DOI: https://doi.org/10.37403/sultanist.v8i2.214

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 SULTANIST: Jurnal Manajemen dan Keuangan

SULTANIST: Jurnal Manajemen dan Keuangan is indexed by:

  

  

   

     

    


Publisher:

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung
Jl. Surabaya No. 19, Kelurahan Proklamasi, Kecamatan Siantar Barat Pematangsiantar 21118, Sumatera Utara, Indonesia
E-mail: sultanist@stiesultanagung.ac.id

                                                                             OAlogo

                                                                               Creative Commons License

SULTANIST: Jurnal Manajemen dan Keuangan by STIE Sultan Agung is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.