ANALISIS PERILAKU KONSUMEN DALAM MEMUTUSKAN PEMBELIAN SECARA ONLINE PADA MASA PANDEMI COVID-19

Nurul Hanifah, Dedi Rianto Rahadi

Abstract


Abstrak

Pandemi Covid-19 memaksa orang untuk beraktivitas di rumah, termasuk berbelanja. Saat ini belanja online sudah menjadi kegiatan yang dipilih agar tidak keluar rumah dan praktis. Hal ini menjadi salah satu faktor terjadinya perubahan konsumen ke arah digital dan memanfaatkan layanan online seperti e-commerce dan media sosial. Tak hanya dirasakan oleh kalangan ibu rumah tangga dan pekerja, mahasiswa pun merasakan dampaknya. Mahasiswa dinilai sebagai konsumen paling aktif dalam kegiatan transaksi online dan mampu beradaptasi dengan baik. Selain digunakan sebagai platform untuk belanja, mahasiswa dapat memanfaatkan media sosial dan e-commerce sebagai platform yang dapat menghasilkan. Penawaran dan fitur yang diberikan baik dari e-commerce maupun media sosial mampu menarik konsumen dan akhirnya mempercayakan layanan online tersebut untuk terus digunakan. Tujuan penelitian dalam artikel ini adalah untuk mencari tahu mengenai pelayanan dan kemudahan yang dirasakan oelh mahasiswa dalam menggunakan layanan online dan hal tersebut menjadi alasan selanjutnya kenapa konsumen beralih ke platform digital. Objek dalam artikel ini adalah terdiri dari mahasiswa yang menjadi pelaku konsumen dan menjadi pelaku usaha. Melalui wawancara, hasil yang didapat akan dibahas secara menyeluruh mengenai perilaku konsumen yang memutuskan untuk melakukan pembelian secara online.

Kata Kunci: Perilaku Konsumen, Mahasiswa, Belanja Online, Layanan Online, Pandemi Covid-19

 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Aditya, Christian, Titik Kusmiantini, Yuli

Liestyana. 2020. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penentu Belanja Online. Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial, 5(2), 130-142.

Covid19.kemkes.go.id. 2020. Tanya Jawab

Coronavirus Disease (COVID-19) – QnA Update 6 Maret 2020. https://covid19.kemkes.go.id/situasi-infeksi-emerging/info-corona-virus/tanya-jawab-coronavirus-disease-covid-19-qna-update-6-maret-2020/#.X4D-6mgzZhF (diakses pada 7 Oktober 2020)

Covid19.go.id. 2020. [SALAH] WHO Sebut

Penularan Corona Tak Lagi Hanya Lewat Droplet Tapi Juga Udara. https://covid19.go.id/p/hoax-buster/salah-who-sebut-penularan-corona-tak-lagi-hanya-lewat-droplet-tapi-juga-udara (diakses pada 14 Oktober 2020)

Databoks.katadata.co.id. 2020. Konsumen

beralih Beli Produk Non-Makanan di E-Commerce saat Pandemi Covid-19. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/10/08/konsumen-beralih-beli-produk-non-makanan-di-e-commerce-saat-pandemi-covid-19# (diakses pada 10 Oktober 2020)

Databoks.katadata.co.id. 2020. Peta

Persaingan E-Commerce Indonesia pada Kuartal II-2020. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/09/21/peta-persaingan-e-commerce-indonesia-pada-kuartal-ii-2020# (diakses pada 14 Oktober 2020)

Denzin, N. K. dan Yvonna S. Lincoln.

The Sage Handbook of Qualitative Research. Fifth Edition. SAGE Publications, Inc.

Dulkiah, Moh, Nurmawan, Jajang A

Rohmana, dan Ahmad Syaiful Rahman. 2020. Adaptasi Mahasiswa Dalam Penggunaan Media On Line Sebagai Dampak Wabah COVID-19. 1-10.

Ekonomi.bisnis.com. 2020.

Begini Pergeseran Perilaku Konsumen Baru Selama Pandemi Covid-19. https://ekonomi.bisnis.com/read/20200515/12/1240921/begini-pergeseran-perilaku-konsumen-baru-selama-pandemi-covid-19 (diakses pada 7 Oktober 2020)

Glints.com. 2020. Ingin Meningkatkan

Penjualan? Pahami Dulu Perilaku Konsumen!. https://glints.com/id/lowongan/perilaku-konsumen/#.X30NnWgzZhF (diakses pada 7 Oktober 2020)

Harahap, Dedy Ansari, Dita Amanah. 2018. Perilaku Belanja Online Di Indonesia: Studi Kasus. Jurnal Risaet Manajemen Sains Indonesia (JRMSI), 9(2), 193-213.

Hutauruk, Martinus Robert. 2020.

Pengaruh Pandemi COVID-19 Terhadap Faktor Yang Menentukan Perilaku Konsumen Untuk Membeli Barang Kebutuhan Pokok Samarinda. Jurnal Riset Inossa, 2(1), 1-15.

Ismail, A. Ilyas. 2018. Menggagas

Paradigma Baru Dakwah Era Milenial. Jakarta: Prenada Media Grup.

Katadata.co.id. 2020. Strategi E- Commerce Merebut Pasar Belanja Online Saat Normal Baru. https://katadata.co.id/febrinaiskana/ digital/5ee498aa1f4cf/strategi-e -commerce-merebut-pasar-belanja -online-saat-normal-baru (diakses pada 10 Oktober 2020)

Katadata.co.id. 2020. Transaksi Bahan

Pokok Melonjak, Shopee Beri Diskon New Normal 70%. https://katadata.co.id/desysetyowati/digital/5eeb3990b22d1/transaksi-bahan-pokok-melonjak-shopee-beri-diskon-new-normal-70 (diakses pada 10 Oktober 2020)

Katadata.co.id. 2019. Bukan Media Sosial

Biasa, Instagram Kini Jadi Platform Bisnis. https://katadata.co.id/pingitaria/digital/5e9a552132151/bukan-media-sosial-biasa-instagram-kini-jadi-platform-bisnis (diakses pada 11 Oktober 2020)

Kotler, Philip dan Kevin L. Keller. 2016.

Marketing Management. 15th edition. United States: Pearson Education.

Rahadi, Dedi Rianto. 2020. Konsep

Penelitian Kualitatif Plus Tutorial NVivo. Sumedang: PT. Filda Fikrindo.

Rahman, M. A., Islam Md Aminul., Esha,

B. H., Sultana, N., & Chakravorty, S. (2018). Consumer Buying Behavior Towards Online Shopping: An Empirical Study On Dhaka City, Bangladesh. Cogent Business & Management, 5, 1-22.

Setiadi, N. J. 2019. Perilaku Konsumen:

Perspektif Kontemporer pada Motif, Tujuan, dan Keinginan Konsumen. Edisi Revisi. Cetakan ketujuh. Jakarta: Kencana.

Sudaryono, M.Pd, Efana Rahwanto S.Kom, dan Ratna Komala, S.Kom. 2020. E- Commerce Dorong Perekonomian Indonesia, Selama Pandemi Covid- 19 Sebagai Entrepreneur Modern Dan Pengaruhnya Terhadap Bisnis Offline. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 2(1), 200-213.

Wikipedia. 2020. Perdagangan Elektronik. https://id.wikipedia.org/wiki/Perdagangan_elektronik

(diakses pada 7 Oktober 2020)

Yusup, Deni Kamaludin, Mila Bardiyah, Dedi Suyandi, Vemy Suci Asih. 2020. Pengaruh Bencana Covid 19, Pembatasan Sosial, dan Sistem Pemasaran Online Terhadap Perubahan Perilaku Konsumen dalam Membeli Produk Retail. Digital Library UIN Sunan Gunung Djati, 1-10.




DOI: https://doi.org/10.37403/sultanist.v8i2.206

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 SULTANIST: Jurnal Manajemen dan Keuangan

SULTANIST: Jurnal Manajemen dan Keuangan is indexed by:

  

  

   

     

    


Publisher:

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung
Jl. Surabaya No. 19, Kelurahan Proklamasi, Kecamatan Siantar Barat Pematangsiantar 21118, Sumatera Utara, Indonesia
E-mail: sultanist@stiesultanagung.ac.id

                                                                             OAlogo

                                                                               Creative Commons License

SULTANIST: Jurnal Manajemen dan Keuangan by STIE Sultan Agung is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.