PENGARUH SIKAP KONSUMEN DAN PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MINI MARKET MAWAR BALIMBINGAN

Siti Fadhila, Darwin Lie, Andy Wijaya, Fitria Halim

Abstract


Mini Market Mawar Balimbingan berdiri pada tahun 2002 dengan alamat Jl. Besar Tanah Jawa, Balimbingan Kecamatan Tanah Jawa. Mini Market Mawar berdiri dengan tujuan memberikan kenyamanan kepada masyarakat dalam berbelanja kebutuhan sehari-hari dengan mengambil konsep pasar yang lebih modern. Dimana kebanyakan pada saat itu masyarakat hanya mengandalkan pasar tradisional dan warung-warung terdekat untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya. Penulis menggunakan dua metode penelitian yaitu penelitian lapangan dan penelitian kepustakaan metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi yang bersumber dari data primer dan data sekunder dan dianalisis dengan uji asumsi klasik, analisis deskriptif kualitatif, dan analisis deskriptif kuantitatif. Kesimpulan dari penelitian ini  adalah sikap konsumen dan persepsi konsumen berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Hasil tersebut dinyatakan dalam hasil model persamaan Ŷ = 20,454 + 0,674X1 + 0,398X2 yang  artinya terdapat pengaruh positif antara sikap konsumen dan persepsi konsumen terhadap keputusan pembelian pada Mini Market Mawar Balimbingan.


Full Text:

PDF

References


Alim, S. A., Mawardi, M. K. And Bafadhal, A. S. (2018) ‘Pengaruh Persepsi Label Halal Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fesyen Muslim ( Survei Pada Pelanggan Produk Zoya Muslim Di Kota Malang )’, Jurnal Administrasi Bisnis, 62(1), Pp. 127–134.

Ayodya, D. And Khasanah, I. (2016) ‘Analisis Pengaruh Diferensiasi Produk, Kualitas Produk, Kualitas Layanan Dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pengambilan Kpr (Kredit Pemilikan Rumah)’, Diponegoro Journal Of Management, 5(3), Pp. 807–817. Available At: Https://Ejournal3.Undip.Ac.Id/Index.Php/Djom/Article/View/14670.

Boyd, et.al. 2000. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Erlangga.

Budiyanto, I. M. (2016) ‘Pengaruh Persepsi Kualitas Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Merek Honda Di Desa Sidan Kec .’, Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi(Jppe), 7(2).

Khotimah, H., Khafid, M. And Pujiati, A. (2016) ‘Sikap Konsumen Dan Gaya Hidup Mahasiswa Dalam Keputusan Pembelian Produk Fashion Melalui Minat Beli’, Journal Of Economic Education, 5(2), Pp. 110–121.

Kotler, Philip & Gary Armstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi XII. Jakarta : Erlangga.

Kotler, Philip & Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Jakarta : Erlangga.

Miauw, K. Y. H. (2016) ‘Motivasi Konsumen Dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Di Wild’, Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 1(5), Pp. 567–575.

Sardanto, R. And Ratnanto, S. (2016) ‘Pengaruh Persepsi Konsumen Terhadap Keputusan Pada Angkringan Kota Kediri’, Jurnal Benefit, 3(1), Pp. 31–45.

Schiffman, Leon & Leslie Lazar Kanuk. 2007. Perilaku Konsumen. Edisi VII. Jakarta : Indeks.

Setiadi, Nugroho J. 2003. Perilaku Konsumen. Jakarta : Kencana.

Sumarwan, Ujang. 2002. Perilaku Konsumen. Bogor : Ghalia Indonesia.

Winardi, J. 2009. Manajemen Perilaku Organisasi. Jakarta : Kencana.

Tarmizi, A. (2017) ‘Analisis Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sepeda Motor Honda Merek Vario Pada Pd. Daya Motor Sungai Bahar Muaro Jambi’, Ekonomis : Journal Of Economics And Business, 1(1), P. 18. Doi: 10.33087/Ekonomis.V1i1.4.




DOI: https://doi.org/10.37403/sultanist.v8i1.177

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 SULTANIST: Jurnal Manajemen dan Keuangan

SULTANIST: Jurnal Manajemen dan Keuangan is indexed by:

  

    

   

    

 


Publisher:

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung, Surabaya Street No.19, Proklik Village, West Siantar District, Pematangsiantar, North Sumatra, Indonesia, 21118. E-mail: sultanist@stiesultanagung.ac.id

 Creative Commons License
SULTANIST: Jurnal Manajemen dan Keuangan by STIE Sultan Agung is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.