DAMPAK STRUKTUR ASET DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP STRUKTUR MODAL

Verda Desi Yolanda Panggabeam, Ady Inrawan, Hery Pandapotan Silitonga, Lenny Dermawan Sembiring

Abstract


Tujuan penelitan ini untuk mengetahui pengaruh struktur aset dan ukuran perusahaan terhadap struktur modal. Metode yang digunakan analisis deskriptif kuantitatif. Analisis data digunakan uji asumsi klasik, regresi linier berganda, koefisien korelasi, determinasi, uji F dan uji t. objek pada Perusahaan Sub Sektor perkebunan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia untuk laporan keuangan periode 2011-2017. Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: 1. Hasil pengujian analisis regresi linear berganda diketahui bahwa struktur aset berpengaruh positif, sedangkan ukuran perusahaan berpengaruh negatif terhadap struktur modal. 2.Hasil koefisien korelasi menunjukkan bahwa hubungan struktur aset dan ukuran perusahaan terhadap struktur modal berada pada tingkat yang sedang, sedangkan koefesien determinasi sebesar 27,40% tinggi rendahnya struktur modal dapat dijelaskan oleh struktur aset dan ukuran perusahaan 3. Uji Hipotesis, untuk hasil uji F adalah struktur aset dan ukuran perusahaan berpengaruh signifikan terhadap struktur modal, dan uji t bahwa struktur aset berpengaruh signifikan terhadap struktur modal dan ukuran perusahaan berpengaruh tidak signifikan terhadap struktur modal.

Full Text:

PDF

References


Batubara, Riski Ayu Pratiwi, Topowijono dan Zahro Z.A. 2017. Pengaruh Struktur aktiva, Ukuran perusahaan dan Profitabilitas Terhadap struktur Modal (Studi pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2015). Malang: Universitas Brawijaya. Jurnal

Brigham, Eugene F., dan Joel F. Houston. 2011. Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Edisi 11. Jilid Satu Jakarta: Salemba Empat.

Ginting, Leni Kezia Sari. 2017. Pengaruh Struktur Aktiva, Profitabilitas, Pertumbuhan Penjualan dan Risiko Bisnis Terhadap Struktur Modal Perusahaan Properti dan Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Medan: Universitas Sumatera Utara. Skripsi

Hery. 2017. Kajian Riset Akuntansi: Jakarta: Grasindo.

Horne, James C. Van dan John M. Wachowicz. 2012. Prinsip-prinsip Manajamen Keuangan. Buku Satu. Edisi 13. Jakarta: Salemba Empat.

Lessy, Devi Anggriyani. 2016.Pengaruh Ukuran perusahaan, Likuiditas, Profitabilitas dan Struktur Aktiva Terhadap Struktur Modal pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Yogyakarta: universitas Negeri Yogyakarta. Skripsi

Rudianto. 2012. Pengantar Akuntansi Konsep dan Teknik Penyusunan Laporan Keuangan. Jakarta : Erlangga

Santoso, Yuswanandre. 2016.Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Struktur Aktiva, Likuiditas dan Growth Opportunity Terhadap Struktur Modal Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010-2015. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. Skripsi.

Sawir, Agnes. 2004. Kebijakan Pendanaan dan Restrukturisasi Perusahaan. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Sudana, I Made. 2011. Manajamen Keuangan Perusahaan Teori dan Praktek. Jakarta : Erlangga

Wahome, Michael Njogu, F. Memba and Willy Muturi. 2015. The Effect of Firm Size and Capital Risk On Capital Structure Decisions of Insurance Industry in Kenya. International Journal of Scientific and Research Publications.




DOI: https://doi.org/10.37403/sultanist.v7i2.157

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 SULTANIST: Jurnal Manajemen dan Keuangan

Diterbitkan Oleh:

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung

Pematangsiantar, Sumatera Utara, Indonesia

 

Editorial Office:

   Jln. Surabaya No.19 Pematangsiantar, 21118, Sumatera Utara

   sultanist@stiesultanagung.ac.id

 Telp/Fax. (0622) 25626 / (0821) 65264931


P-ISSN: 2338-4328

E-ISSN: 2686-2646