PENGARUH HARGA DAN CUSTOMER RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA UD SENTRAL JAYA PEMATANGSIANTAR

Solavide Simamora, Marto Silalahi, Nana Triapnita Nainggolan, Vivi Candra

Abstract


Mekanisme penetapan harga merupakan salah satu hal yang krusial bagi perusahaan untuk tetap menjaga keinginan konsumen untuk membeli. Peran harga tentunya perlu didukung aspek lain seperti customer relationship marketing sebagai upaya perusahaan dalam mendorong serta mempengaruhi konsumen untuk tetap berada pada jalur konsumen perusahaan. Kecenderungan konsumen untuk lebih selektif mengakibatkan perusahaan berusaha untuk meningkatkan peran hubungan dengan konsumen serta lebih kompetitif dalam menawarkan harga. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1. Gambaran harga, customer relationship marketing dan keputusan pembelian pada UD Sentral Jaya Pematangsiantar. 2. Pengaruh harga dan customer relationship marketing terhadap keputusan pembelian pada UD Sentral Jaya Pematangsiantar baik secara simultan maupun parsial. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1. Harga, customer relationship marketing dan keputusan pembelian sudah baik. 2. Terdapat pengaruh yang positif antara harga dan customer relationship marketing terhadap keputusan pembelian. 3. Terdapat hubungan yang sedang dan positif antara harga dan customer relationship marketing dengan keputusan pembelian. 4. Hipotesis H0 ditolak, artinya harga dan customer relationship marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada UD Sentral Jaya Pematangsiantar baik secara simultan maupun parsial.


Full Text:

PDF

References


Alfian, Ian dan Muslim Marpaung. 2017. Analisis Pengaruh Label Halal, Brand dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian di Kota Medan. AT-Tawassuth: Jurnal Ekonomi Islam. 2 (1), 122-145.

Ernie, Tisnawati S. dan Kurniawan Saefullah. 2009. Pengantar Manajemen. Jakarta: Kencana.

Francis, Buttle. 2004. Customer Relationship Management Concepts and Tools. Malang: Bayumedia Publishing.

Habibah, Ummu dan Sumiati. 2016. Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah di Kota Bangkalan Madura. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. 1 (1), 31-48.

Hasan, Ali. 2013. Marketing dan Kasus-kasus Pilihan. Jakarta: Center For Academic Publishing Service (CAPS).

Heryanto, Imam. 2015. Analisis Pengaruh Produk, Harga, Distribusi dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Serta Implikasinya Pada Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Entrepreneurship. 9 (2), 80-101.

Korry, Putu Dyah Permata. 2018. Analisis Strategi Pemasaran Keputusan Pembelian Konsumen Berdasarkan Pengaruh Variabel Green Marketing, Customer Relationship Marketing dan Budaya: Studi Kasus Pada Konsumen The Body Shop di 5 Kota Besar Indonesia. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis. 3 (1), 1-13.

Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid 1, Edisi Keduabelas. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2012. Manajemen Pemasaran. Jilid 1, Edisi Keduabelas. Jakarta: PT Indeks.

Kurniawan, Danny dan Apriatni. 2018. Analisis Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sari Roti di Kota Semarang. Jurnal Ilmu Adminitrasi Bisnis. 7 (2), 1-9.

Kurniawan, Dedy dan Erni Widajanti. 2015. Pengaruh Promosi dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Rokok Djarum Super Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan. 15 (3), 354-366.

Lubis, Akrim Ashal. 2015. Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Surat Kabar Pada PT. Suara Barisan Hijau Harian Orbit Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis. 16 (2), 1-11.

Manik, Desma Erica Maryati. 2018. Pengaruh Citra Perusahaan dan Relationship Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen PT Astra Internasional Medan. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis. 3 (2), 8-13.

Sari, Dita Wahyu Candra, Sumaryanto dan Setyaningsih Sri Utama. 2017. Pengaruh Kualitas Makanan, Pelayanan, Harga dan Suasana Restoran Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan. 17 (April), 264-272.

Sudirman, dkk. 2017. Pengaruh Harga dan Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada PT Sinar Siantar Sari Pematangsiantar. Maker: Jurnal Manajemen. 3 (1), 1-9.

Swastha, Basu dan Hani Handoko. 2000. Manajemen Pemasaran “Analisis Perilaku Konsumen”. Jilid 3, Edisi Pertama. BPFE-Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Edisi Ketiga. Yogyakarta: ANDI.

Tugiso, Ilham, Andi Tri Haryono dan Maria M. Minarsih. 2016. Pengaruh Relationship Marketing, Keamanan, Kepercayaan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Online Shop dan Loyalitas Konsumen Sebagai Variabel Intervening. Journal of Management. 2 (2), 1-18.

Yunida, Riswan, Muhammad Teguh Nuryadin dan Lis Dyana Kurniawati. 2018. Pengaruh Brand Image dan Relationship Marketing Terhadap Keputusan Nasabah (Studi Pada Nasabah Produk Kredit Cepat Aman (KCA) PT Pengadaian (Persero) UPC Kuripan Banjarmasin). Prosiding Seminar Nasional ASBIS. 474-484.




DOI: https://doi.org/10.37403/sultanist.v7i2.154

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 SULTANIST: Jurnal Manajemen dan Keuangan

Diterbitkan Oleh:

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung

Pematangsiantar, Sumatera Utara, Indonesia

 

Editorial Office:

   Jln. Surabaya No.19 Pematangsiantar, 21118, Sumatera Utara

   sultanist@stiesultanagung.ac.id

 Telp/Fax. (0622) 25626 / (0821) 65264931


P-ISSN: 2338-4328

E-ISSN: 2686-2646